Buku teks memiliki peran yang sentral di dalam pembelajaran. Buku teks yang merupakan pengejawantahan dari kurikulum perlu disusun sedemikian rupa sehingga buku teks tetap sesuai dengan fungsinya. Materi Bahasa dan Sastra Indonesia semestinya disajikan sesuai dengan karakteristik pembelajar. Kajian buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan dari berbagai sisi, di antaranya ilustrasi, materi, kejelasan konsep, relevansi dengan kurikulum, dan komponen…
Buku Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar ini membahas mengenai hakikat bahasa, fungsi dan kedudukan bahasa, serta berbagai ilmu kebahasaan yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Ilmu fonologi yang diuraikan meliputi bunyi bahasa, huruf vokal, huruf konsonan, pembentukan diftong, dan pembentukan kluster. Morfologi yang dibahas mengenai pembentukan kata yang meliputi afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Selanjutnya, dibahas secara lengkap…
Buku ajar ini disusun agar pembaca memiliki pemahaman tentang onsep pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di SD dan kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran baasa Indonesia, hingga siap mempraktikkanya. Terkait dengan tujuan buku tersebut, sasaran dari buku ini diterbitkan untuk menjadi referensi bagi guru, calon guru, dan mahasiswa PGSD. Materi dalam buku ini terdiri dari lima bab yakni bab 1 Pembelajaran…
Buku ini memberi referensi kepada mahasiswa calon guru dalam memahami teori-teori yang berkaitan dengan perencanaan pemeblajaran, sehingga bisa menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pemberlajaran dan mempraktikkannya untuk keperluan latihan mengajar pada mata kuliah mocroteaching. Selanjutnya, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesesuaian perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia dengan tujuan pembelajaran, melalui sikap kritis terhadap produk RPP dan Silabus