Modernitas layanan perbankan tidak bisa lagi diabaikan karena realitas tuntutan persaingan yang semakin ketat dan juga konsekuensi dari modernitas layanan era digitalisasi yang memungkinkan semua transaksi dilakukan secara realtime online tanpa mengenal jeda ruang dan waktu. Selain itu, kecerdasan buatan yang saat ini semakin cerdas juga memungkinkan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan di semua layanan perbankan, termasuk juga semakin familiernya masyarakat…
Digitalisasi dan optimasi pemasaran menjadi langkah strategis dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi. Melalui buku ini, kami berbagi pengalaman, strategi, dan hasil kegiatan yang diharapkan menjadi inspirasi dan referensi bagi pembaca, terutama dalam pengembangan desa dan pemberdayaan masyarakat.
Buku ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang metodologi riset dalam pemasaran, isu riset dalam pemasaran serta mampu melakukan riset pemasraan secara mandiri. Materi ini meliputi: definisi dan ruang lingkup pemasaran, masalah riset pemasaran, desain riset pemasaran, dan dan pengumpulan data, skala dan instrument riset pemasaran, teknik pengambilan sample, aplikasi riset potensi pasar dan segmentasi pasar, isu dan aplikasi riset sikap,…
UMKM dan digitalisasi menjadi fenomena yang menarik dicermati, tidak saja dari aspek produksi, pemasaran dan penyerapan tenaga kerja, tetapi juga regulasi dan persaingan ekonomi bisnis yang semakin ketat. Selain itu, komitmen pemerintah agar UMKM bisa go global dan go digital memberikan peluang dan tantangan bagi semua pihak untuk memacu kinerja UMKM di era digitalisasi saat ini. Oleh karena itu, buku…