Kurikulum di sekolah maupun perguruan tinggi seharusnya memang kurikulum kontekstual personal sehingga kurikulum harus dinamis berubah dari waktu ke waktu ketika siswa atau mahasiswa hadapi berbeda dalam kemampuan, intelektual maupun minatnya. Oleh karena itu untuk menuju bagaimana dapat tersedia kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesanggupan, dan karakter mahasiswa muncul buku ajar ini sebagai sarana penguatan kompetensi pedagogik yang terkait dengan penyediaan kurikulum yang berkualitas dan…
Buku Good Citizenship: Teori, Tujuan, Dan Praktik Pendidikan Karakter menkjaji tentang Bab 1, berisi materi tentang kewarganegaraan dalam lintas masa. Bab 2, materi tentang kewarganegaraan dalam kebudayaan timur: religi dan budaya. Bab 3, tentang kewarganegaraan dari aspek historis dan yuridis. Bab 4, berisi materi tentang karakter sebagai tujuan asasi pendidikan nasional. Bab 5, tentang pendidikan kewarganegaraan mewujudkan good citizenship bagi…
Buku Kurikulum dan Pembelajaran merupakan buku untuk mengetahui seluk beluk pembelajaran dan kaitannya dengan kurikulum yang telah di tentukan, Buku Kurikulum dan Pembelajaran ini mengkaji tentang, 1) menerapkan pemikiran logis (logical thinking), kritis (critical thinking), sistematis (systematical thinking), dan inovatif (innovative thinking) dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu, pengetahuan, dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora, kebangsaan, dan…
Buku Kurikulum dan Pembelajaran ini mengkaji tentang teori-teori belajar, komponen dan tujuan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, dasar-dasar dan prinsip pengembangan kurikulum, media pembelajaran, model pembelajaran berbasis masalah (PBL), metode pembelajaran, peranan dan kedudukan guru, dan evaluasi pembelajaran, mengacu pendapat-pendapat berbagai pandangan dari berbagai tokoh pendidikan untuk dijadikan acuan demi kesempurnaan buku ini.
Mata kuliah analisis kebijakan publik ditempuh oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan semester 6 bertujuan untuk memberikan skill pada mahasiswa untuk mampu bertindak sebagai konsultan maupun advokat khusus bidang penyusunan kebijakan publik sehingga dapatdijadikan alternatif pekerjaan di luar profesi guru. Adapun capaian pembelajaran sebagai berikut: 1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kebijakan publik. 2. Mahasiswa mampu menguasai penerapan madzhab analisis kebijakan…
Abad ke-21 menuntut pendekatan baru terhadap pendidikan. Bukan lagi sekadar pengetahuan faktual, tetapi bagaimana kita mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi tantangan yang tak terduga dengan kreativitas, kritis berpikir, dan kemampuan beradaptasi.Buku ini memuat tujuh bab materi aktual 1) Pendahuluan 2) Konsep Manajemen Pendidikan 3) Pendidikan Ramah Anak 4) Hakekat Kecakapan Abad 21 5) Manajemen Pendidikan Ramah Anak di Sekolah Dasar…
uku Microteaching ini ditujukan kepada mahasiswa calon guru agar lulusan (output) memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan nilai/sikap (value/attitude). Lebih dari itu, calon guru harus memiliki enam kompetensi dasar, yaitu: (1) Kompetensi pedagogik; (2) Kompetensi kepribadian; (3) Kompetensi sosial; (4) Kompetensi profesional (5) Kompetensi spriritual; dan (6) Kompetensi kepemimpinan (leadership). Keenam kompetensi ini sesuai dengan: (1) Isi UU No. 14…