Buku ini mulai ditulis pada saat kembali mengemukanya beberapa kasus rabun sastra Chairil Anwar di media sosial bersamaan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Chairil Anwar. Rabun sastra adalah istilah yang dicetuskan oleh penyair Indonesia Taufik Ismail dalam Kongres Bahasa Indonesia VII pada tahun 1998, istilah tersebut lahir dari keprihatinan Taufik Ismail atas masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman atas beberapa karya…
Buku ini menjawab kebutuhan zaman tentang perlunya referensi untuk menerapkan evaluasi pembelajaran, khusunya pada bidang bahasa dan sastra, secara benar dan spesifik. Evaluasi pembelajaran ibarat cermin untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Agar fungsi untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maksimal, evaluasi harus dilaksanakan dengan benar. Buku ini menyajikan berbagai kompoten agar evaluasi dapat ditegakkan dengan benar, mulai dari hakikat evaluasi, penilaian…
Buku ini memuat paparan berbagai teknik evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, baik teks sastra maupun teks nonsastra. Teknik-teknik evaluasi yang dipaparkan merupakan gambaran pelaksanaan evaluasi yang sudah diterapkan di sekolah dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, buku ini sangat tepat dijadikan referensi inspiratif para pendidik dalam berinovasi. Selain itu, mahasiswa calon pendidik dapat menggunakan buku ini sebagai referensi…
Buku berjudul Fan Tourism Didi Kempot: Wisata Alternatif Kota Surakarta ini lahir berkat program pendanaan penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2023. Di dalam menggarap buku ini, tim penulis tidak hanya mengandalkan penelusuran pustaka yang terkait dengan literatur wisata fan dan kehidupan Didi Kempot, tetapi juga mengadakan wawancara dengan keluarga dekat dan kawan-kawan…
Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang didasarkan pada kelompok adalah Student Teams Achievement Division (STAD. Metode ini menekankan aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Metode ini dapat meningkatkan belajar peserta didik dan prestasi akademik peserta didik, meningkatkan retensi peserta didik, serta mampu meningkatkan kepuasan peserta…
Buku ini diberi judul Interaksi Kesantunan Berbahasa dan Pendidikan Progresif. Buku ini berisi hasil penelitian yang mengungkap interaksi atau keterkaitan antara kesantunan berbasa dengan pendidikan progresif. Kesantunan berbahasa yang dikaji dalam buku ini adalah kesantunan berbahasa dalam perspektif pragmatik. Objek yang dikaji meliputi berbagai ranah penggunaan bahasa seperti penggunaan bahasa pada media sosial, penggunaan bahasa pada cerpen, dan penggunaan bahasa…
Buku ini mengajak pembaca untuk mengenali dan penggunaan bahasa dalam perspektif multidiplin. Artinya, kajian bahasa untuk memahami kandungan isinya dari sisi kebahasaan, nilai profetik, dan nilai lain yang terkandung dalam setiap pemakaian bahasa. Pada tahap berikutnya, pembaca diharapkan tergerak untuk mencoba meneliti bahasa dari sisi kebahasaan, mengaitkannya dengan kandung isinya yang tidak saja dalam bidang bahasa, tetapi juga bidang-bidang lainnya…
Buku teks memiliki peran yang sentral di dalam pembelajaran. Buku teks yang merupakan pengejawantahan dari kurikulum perlu disusun sedemikian rupa sehingga buku teks tetap sesuai dengan fungsinya. Materi Bahasa dan Sastra Indonesia semestinya disajikan sesuai dengan karakteristik pembelajar. Kajian buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan dari berbagai sisi, di antaranya ilustrasi, materi, kejelasan konsep, relevansi dengan kurikulum, dan komponen…
Buku tentang kearifan lokal dalam berita di koran online adalah kajian mendalam tentang kearifan lokal Indonesia (local wisdom). Kearifan lokal merupakan kajian ilmu mengenai keanekaragaman adat istiadat, budaya, tradisi dimiliki oleh seluruh etnis masyarakat di Indonesia. Kearifan lokal ini ditelaah dengan bidang linguistik (kebahasaan) Selain itu, buku ini juga menguraikan tentang upaya masyarakat dalam melestarikan kearifan lokal Nuusantara yang memiliki…
Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan dan kecekatan menggunakan bahasa yang terbagi dibagi menjadi dua, yaitu lisan dan tulis. Lisan meliputi menyimak dan berbicara, sedangkan keterampilan berbahasa tulis meliputi membaca dan menulis. Keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan oleh semua individu karena keterampilan tersebut merupakan model untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sosial, dan karakter seseorang. Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa yang memadai akan lebih mudah…
Buku Keterampilan Membaca: Teori dan Praktik ini membahas hakikat membaca baik secara mikro maupun secara makro disertai dengan paparan tentang definisi, tujuan, manfaat, motivasi, minat, dan kebiasaan membaca. Jenis-jenis membaca juga dipaparkan secara detail dalam buku ini, mulai dari membaca nyaring, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca literal, membaca pemahaman, membaca kritis, dampai dengan membaca kreatif
Buku ini menyajikan materi pembelajaran tentang hakikat keterampilan berbahasa, hakikat keterampilan menulis, aturan dalam bahasa tulis (pengenalan dan penguasaan ejaan), kecermatan dalam penampilan kata (diksi) untuk menulis karya ilmiah, paragraf dan pengembangannya sebagai jantung keterampilan maulis, bagian-bagian penulis karya tulis ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, teknik penulisan proposal penelitian, dan teknik penulisan artikel publikasi hasil penelitian, secara sistematis buku ini…
Buku Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar ini membahas mengenai hakikat bahasa, fungsi dan kedudukan bahasa, serta berbagai ilmu kebahasaan yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Ilmu fonologi yang diuraikan meliputi bunyi bahasa, huruf vokal, huruf konsonan, pembentukan diftong, dan pembentukan kluster. Morfologi yang dibahas mengenai pembentukan kata yang meliputi afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Selanjutnya, dibahas secara lengkap…
Buku edisi kedua ini adalah revisi dari buku edisi pertama yang terbit pada tahun 2021. Selain membenahi beberapa kalimat yang ambigu, buku Kritik dan Penelitian Sastra edisi kedua ini kini dilengkapi dengan indeks yang sebelumnya tidak ada di edisi pertama. Di dalam buku ini akan ditemui hal-hal yang selama ini mungkin belum begitu lazim disajikan di dalam buku-buku kritik atau…
Buku ini disusun berdasarkan adanya kebutuhan referensi yang lengkap tentang berbagai jenis teks sebagai materi ajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengalaman dalam mengajar Microteaching sering ditemukan terjadi miskonsepsi berkaitan dengan materi ajar yang diajarkan dalam praktik mengajar mahasiswa. Miskonsepsi ini terjadi karena kurangnya pemahaman mahasiswa tentang materi ajar yang diajarkan. Mata kuliah Microteaching belum cukup memadai memberi modal tentang…
Buku ini Banyak paparan tentang perilaku budaya masyarakat Indonesia. Perilaku ini terbukti telah melahirkan sejumlah nilai luhur yang dapat ditransformasikan ke generasi muda Bab II mengangkat bahasan berkenaan dengan tradisi pingitan di dalam pernikahan Jawa. Bab III, ditunjukkan perbandingan mengenai pernikahan di Rusia dengan di Jawa. Dari sajian ini ditunjukkan pula kemiripan ritual dari aspek maknanya. Bab IV memaparkan tentang…
Istilah mingkar mingkur sebagai judul buku ini saya peroleh dari baris yang ada di dalam tembang Macapat jenis Pangkur; mingkar mingkuring ukara. Istilah mingkar mingkur saya anggap tepat di dalam membicarakan feminisme dan ideologi gender. Dari situ setidaknya para pembaca bisa memperoleh gambaran umum perihal niat atau tujuan penulisan buku ini. Bersamaan dengan itu pula, para pembaca juga bakal bisa…
Muatan yang Aktual dan Kontekstual dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ajarkan di perguruan tinggi. Pengembangan substansi pada pembelajaran bahasa Indonesia wajib menggali dan menyisipkan muatan yang aktual dan kontekstual. Muatan tersebut dapat disisipkan pada bahan ajar. Namun, bahan ajar yang di gunakan pada saat ini belum semuanya…
Literasi kini berkembang melintasi batas dan sekat yang ada. Akibat perubahan sosial dan teknologi, literasi berkembang jauh menjadi gagasan baru yang disebut sebagai literasi abad ke-21 atau disebut dengan "multiliterasi". Kemampuan multiliterasi diperlukan agar seseoarang dapat mengelola informasi dengan baik lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketikas seseorang berupaya 'membaca' atau memahami dunia, ia tidak hanya menggunakan keterampilan membaca atau menulis,…
Kurikulum terbaru Prodi PBSI yang antara lain mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SNPT telah merumuskan capaian pembelajaran (learning outcome). Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan modul materi ajar, kami berupaya untuk menyusun Buku Ajar Pengantar Teori Sastra dengan mengacu pada rumusan CP MK Teori Sastra. Rumusan CP MK tersebut menganalisis, menilai (mengevaluasi), dan mengkreasi (mencipta) materi-materi Sastra…
Buku ini memberi referensi kepada mahasiswa calon guru dalam memahami teori-teori yang berkaitan dengan perencanaan pemeblajaran, sehingga bisa menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pemberlajaran dan mempraktikkannya untuk keperluan latihan mengajar pada mata kuliah mocroteaching. Selanjutnya, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kesesuaian perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia dengan tujuan pembelajaran, melalui sikap kritis terhadap produk RPP dan Silabus
Buku Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Reportase dan Jangkar Berita ditulis untuk menunjang pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai referensi oleh guru, mahasiswa, atau dosen di kalangan aktivis pendidikan, untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai keterampilan berbicara siswa melalui metode reportase dan jangkar berita. Reportase dan jangkar berita merupakan bagian dari tim redaksional yang berkewajiban menyampaikan data dalam bentuk berita.…