Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan dan kecekatan menggunakan bahasa yang terbagi dibagi menjadi dua, yaitu lisan dan tulis. Lisan meliputi menyimak dan berbicara, sedangkan keterampilan berbahasa tulis meliputi membaca dan menulis. Keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan oleh semua individu karena keterampilan tersebut merupakan model untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sosial, dan karakter seseorang. Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa yang memadai akan lebih mudah…
Buku Keterampilan Membaca: Teori dan Praktik ini membahas hakikat membaca baik secara mikro maupun secara makro disertai dengan paparan tentang definisi, tujuan, manfaat, motivasi, minat, dan kebiasaan membaca. Jenis-jenis membaca juga dipaparkan secara detail dalam buku ini, mulai dari membaca nyaring, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca literal, membaca pemahaman, membaca kritis, dampai dengan membaca kreatif
Buku ini menyajikan materi pembelajaran tentang hakikat keterampilan berbahasa, hakikat keterampilan menulis, aturan dalam bahasa tulis (pengenalan dan penguasaan ejaan), kecermatan dalam penampilan kata (diksi) untuk menulis karya ilmiah, paragraf dan pengembangannya sebagai jantung keterampilan maulis, bagian-bagian penulis karya tulis ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, teknik penulisan proposal penelitian, dan teknik penulisan artikel publikasi hasil penelitian, secara sistematis buku ini…
Buku Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar ini membahas mengenai hakikat bahasa, fungsi dan kedudukan bahasa, serta berbagai ilmu kebahasaan yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Ilmu fonologi yang diuraikan meliputi bunyi bahasa, huruf vokal, huruf konsonan, pembentukan diftong, dan pembentukan kluster. Morfologi yang dibahas mengenai pembentukan kata yang meliputi afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Selanjutnya, dibahas secara lengkap…
Buku edisi kedua ini adalah revisi dari buku edisi pertama yang terbit pada tahun 2021. Selain membenahi beberapa kalimat yang ambigu, buku Kritik dan Penelitian Sastra edisi kedua ini kini dilengkapi dengan indeks yang sebelumnya tidak ada di edisi pertama. Di dalam buku ini akan ditemui hal-hal yang selama ini mungkin belum begitu lazim disajikan di dalam buku-buku kritik atau…
Buku ini disusun berdasarkan adanya kebutuhan referensi yang lengkap tentang berbagai jenis teks sebagai materi ajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengalaman dalam mengajar Microteaching sering ditemukan terjadi miskonsepsi berkaitan dengan materi ajar yang diajarkan dalam praktik mengajar mahasiswa. Miskonsepsi ini terjadi karena kurangnya pemahaman mahasiswa tentang materi ajar yang diajarkan. Mata kuliah Microteaching belum cukup memadai memberi modal tentang…
Buku ini Banyak paparan tentang perilaku budaya masyarakat Indonesia. Perilaku ini terbukti telah melahirkan sejumlah nilai luhur yang dapat ditransformasikan ke generasi muda Bab II mengangkat bahasan berkenaan dengan tradisi pingitan di dalam pernikahan Jawa. Bab III, ditunjukkan perbandingan mengenai pernikahan di Rusia dengan di Jawa. Dari sajian ini ditunjukkan pula kemiripan ritual dari aspek maknanya. Bab IV memaparkan tentang…
Istilah mingkar mingkur sebagai judul buku ini saya peroleh dari baris yang ada di dalam tembang Macapat jenis Pangkur; mingkar mingkuring ukara. Istilah mingkar mingkur saya anggap tepat di dalam membicarakan feminisme dan ideologi gender. Dari situ setidaknya para pembaca bisa memperoleh gambaran umum perihal niat atau tujuan penulisan buku ini. Bersamaan dengan itu pula, para pembaca juga bakal bisa…
Muatan yang Aktual dan Kontekstual dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ajarkan di perguruan tinggi. Pengembangan substansi pada pembelajaran bahasa Indonesia wajib menggali dan menyisipkan muatan yang aktual dan kontekstual. Muatan tersebut dapat disisipkan pada bahan ajar. Namun, bahan ajar yang di gunakan pada saat ini belum semuanya…
Literasi kini berkembang melintasi batas dan sekat yang ada. Akibat perubahan sosial dan teknologi, literasi berkembang jauh menjadi gagasan baru yang disebut sebagai literasi abad ke-21 atau disebut dengan "multiliterasi". Kemampuan multiliterasi diperlukan agar seseoarang dapat mengelola informasi dengan baik lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketikas seseorang berupaya 'membaca' atau memahami dunia, ia tidak hanya menggunakan keterampilan membaca atau menulis,…
Kurikulum terbaru Prodi PBSI yang antara lain mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SNPT telah merumuskan capaian pembelajaran (learning outcome). Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan modul materi ajar, kami berupaya untuk menyusun Buku Ajar Pengantar Teori Sastra dengan mengacu pada rumusan CP MK Teori Sastra. Rumusan CP MK tersebut menganalisis, menilai (mengevaluasi), dan mengkreasi (mencipta) materi-materi Sastra…