Understanding and addressing social problems like poverty and gender inequality is crucial for sustainable develop-ment. This book explores how Civic Education fosters social awareness and community involvement among students. Drawing from political theories and Pancasila principles, the book delves into governance, democracy, and citizen parti-cipation in Indonesia. It emphasizes the importance of cross-cultural communication, tolerance, and digital literacy in today's…
Kurikulum di sekolah maupun perguruan tinggi seharusnya memang kurikulum kontekstual personal sehingga kurikulum harus dinamis berubah dari waktu ke waktu ketika siswa atau mahasiswa hadapi berbeda dalam kemampuan, intelektual maupun minatnya. Oleh karena itu untuk menuju bagaimana dapat tersedia kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesanggupan, dan karakter mahasiswa muncul buku ajar ini sebagai sarana penguatan kompetensi pedagogik yang terkait dengan penyediaan kurikulum yang berkualitas dan…
Buku Good Citizenship: Teori, Tujuan, Dan Praktik Pendidikan Karakter menkjaji tentang Bab 1, berisi materi tentang kewarganegaraan dalam lintas masa. Bab 2, materi tentang kewarganegaraan dalam kebudayaan timur: religi dan budaya. Bab 3, tentang kewarganegaraan dari aspek historis dan yuridis. Bab 4, berisi materi tentang karakter sebagai tujuan asasi pendidikan nasional. Bab 5, tentang pendidikan kewarganegaraan mewujudkan good citizenship bagi…
Buku Kurikulum dan Pembelajaran merupakan buku untuk mengetahui seluk beluk pembelajaran dan kaitannya dengan kurikulum yang telah di tentukan, Buku Kurikulum dan Pembelajaran ini mengkaji tentang, 1) menerapkan pemikiran logis (logical thinking), kritis (critical thinking), sistematis (systematical thinking), dan inovatif (innovative thinking) dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu, pengetahuan, dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora, kebangsaan, dan…
Buku Kurikulum dan Pembelajaran ini mengkaji tentang teori-teori belajar, komponen dan tujuan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, dasar-dasar dan prinsip pengembangan kurikulum, media pembelajaran, model pembelajaran berbasis masalah (PBL), metode pembelajaran, peranan dan kedudukan guru, dan evaluasi pembelajaran, mengacu pendapat-pendapat berbagai pandangan dari berbagai tokoh pendidikan untuk dijadikan acuan demi kesempurnaan buku ini.
Mata kuliah analisis kebijakan publik ditempuh oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan semester 6 bertujuan untuk memberikan skill pada mahasiswa untuk mampu bertindak sebagai konsultan maupun advokat khusus bidang penyusunan kebijakan publik sehingga dapatdijadikan alternatif pekerjaan di luar profesi guru. Adapun capaian pembelajaran sebagai berikut: 1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kebijakan publik. 2. Mahasiswa mampu menguasai penerapan madzhab analisis kebijakan…
Buku ajar Manajemen Pendidikan mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS), khususnya CP MK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah). Sebagai pegangan wajib oleh semua mahasiswa khususnya di lingkungan FKIP UMS untuk mata kuliah Manajemen Pendidikan . CP MK Manajemen Pendidikan menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi materi-materi: 1) Konsep Dasar Manajemen Pendidikan, 2) Pendekatan Manajemen Pendidikan, 3) Manajemen Berbasis Sekolah, 4) Manajemen Peserta Didik dan Sistem Zonasi PPBD, 5) Manajemen…
Abad ke-21 menuntut pendekatan baru terhadap pendidikan. Bukan lagi sekadar pengetahuan faktual, tetapi bagaimana kita mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi tantangan yang tak terduga dengan kreativitas, kritis berpikir, dan kemampuan beradaptasi.Buku ini memuat tujuh bab materi aktual 1) Pendahuluan 2) Konsep Manajemen Pendidikan 3) Pendidikan Ramah Anak 4) Hakekat Kecakapan Abad 21 5) Manajemen Pendidikan Ramah Anak di Sekolah Dasar…
uku Microteaching ini ditujukan kepada mahasiswa calon guru agar lulusan (output) memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan nilai/sikap (value/attitude). Lebih dari itu, calon guru harus memiliki enam kompetensi dasar, yaitu: (1) Kompetensi pedagogik; (2) Kompetensi kepribadian; (3) Kompetensi sosial; (4) Kompetensi profesional (5) Kompetensi spriritual; dan (6) Kompetensi kepemimpinan (leadership). Keenam kompetensi ini sesuai dengan: (1) Isi UU No. 14…
Buku ini berjudul Microteaching Model Adaptasi. Dengan judul ini, sudah tergambar bahwa isi buku ini berupa paparan tentang Microteaching yang dilaksanakan selama masa adaptasi pandemi Covid-19. Pada masa itu, Microteaching harus beradaptasi dengan keadaan, kondisi masyarakat, serta kebijakan pemerintah. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai satu-satunya alternatif untuk dapat melanjutkan Microteaching, mengharuskan pelaksanaan Microteaching dilakukan adaptasi sedemikian rupa, sehingga Microteaching bisa…
Hasil need assessment Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LB-IPU) bekerjasama dengan Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS) Universitas Muhammadiyah Surakarta menemukan antara lain bahwa perkuliahan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan: (1) berlangsung secara monoton, (2) terbatas pada ranah kognitif, (3) kurang memberikan ruang diskusi, dan (4) kurang mengakomodasi perkembangan teknologi dan karakteristik pembelajar. Buku ini disusun dengan mengakomodasi hasil…