Buku ini menjawab kebutuhan zaman tentang perlunya referensi untuk menerapkan evaluasi pembelajaran, khusunya pada bidang bahasa dan sastra, secara benar dan spesifik. Evaluasi pembelajaran ibarat cermin untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Agar fungsi untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maksimal, evaluasi harus dilaksanakan dengan benar. Buku ini menyajikan berbagai kompoten agar evaluasi dapat ditegakkan dengan benar, mulai dari hakikat evaluasi, penilaian…
Muatan yang Aktual dan Kontekstual dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ajarkan di perguruan tinggi. Pengembangan substansi pada pembelajaran bahasa Indonesia wajib menggali dan menyisipkan muatan yang aktual dan kontekstual. Muatan tersebut dapat disisipkan pada bahan ajar. Namun, bahan ajar yang di gunakan pada saat ini belum semuanya…
Literasi kini berkembang melintasi batas dan sekat yang ada. Akibat perubahan sosial dan teknologi, literasi berkembang jauh menjadi gagasan baru yang disebut sebagai literasi abad ke-21 atau disebut dengan "multiliterasi". Kemampuan multiliterasi diperlukan agar seseoarang dapat mengelola informasi dengan baik lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketikas seseorang berupaya 'membaca' atau memahami dunia, ia tidak hanya menggunakan keterampilan membaca atau menulis,…
Buku Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Reportase dan Jangkar Berita ditulis untuk menunjang pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai referensi oleh guru, mahasiswa, atau dosen di kalangan aktivis pendidikan, untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai keterampilan berbicara siswa melalui metode reportase dan jangkar berita. Reportase dan jangkar berita merupakan bagian dari tim redaksional yang berkewajiban menyampaikan data dalam bentuk berita.…