Melalui sejumlah penelitian yang didanai Dikti diketahui bahwa menulis autobiografi mulai dapat diterapkan di Sekolah Dasar. Justru jika bidikan sasaran siswa SD mereka akan semakin terampil melakukan kegiatan tulis-menulis. Berkat pengalaman keseharian di rumah bersama keluarga, teman sepermainan, atau di sekolah mereka memiliki sumber tulisan yang dapat dijadikan materi menulis. Agar tulisan mereka lancar, anak tidak diganggu oleh segenap aturan…
ulisan pada buku ini merupakan hasil penelitian terhadap implementasi kebijakan pendidikan, khususnya pada masa pandemi covid-19, yang dilakukan oleh tim sesuai dengan yag tertulis pada isi buku. Buku diharapkan memiliki manfaat bagi pembaca pada umumnya dan mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan pada khususnya.
Buku ini diberi judul Interaksi Kesantunan Berbahasa dan Pendidikan Progresif. Buku ini berisi hasil penelitian yang mengungkap interaksi atau keterkaitan antara kesantunan berbasa dengan pendidikan progresif. Kesantunan berbahasa yang dikaji dalam buku ini adalah kesantunan berbahasa dalam perspektif pragmatik. Objek yang dikaji meliputi berbagai ranah penggunaan bahasa seperti penggunaan bahasa pada media sosial, penggunaan bahasa pada cerpen, dan penggunaan bahasa…
Buku ini mengajak pembaca untuk mengenali dan penggunaan bahasa dalam perspektif multidiplin. Artinya, kajian bahasa untuk memahami kandungan isinya dari sisi kebahasaan, nilai profetik, dan nilai lain yang terkandung dalam setiap pemakaian bahasa. Pada tahap berikutnya, pembaca diharapkan tergerak untuk mencoba meneliti bahasa dari sisi kebahasaan, mengaitkannya dengan kandung isinya yang tidak saja dalam bidang bahasa, tetapi juga bidang-bidang lainnya…
Buku ini menyajikan materi pembelajaran tentang hakikat keterampilan berbahasa, hakikat keterampilan menulis, aturan dalam bahasa tulis (pengenalan dan penguasaan ejaan), kecermatan dalam penampilan kata (diksi) untuk menulis karya ilmiah, paragraf dan pengembangannya sebagai jantung keterampilan maulis, bagian-bagian penulis karya tulis ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, teknik penulisan proposal penelitian, dan teknik penulisan artikel publikasi hasil penelitian, secara sistematis buku ini…
uku ini secara khusus mengangkat topik mengenai kreativitas dalam berbahasa kaum akademisi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kreativitas berbahasa kaum akademisi yang disajikan dalam PKM menjadi kekuatan dalam menyajikan topik-topik penelitian yang menarik sehingga topik-topik tersebut mendapatkan pendanaan dari Simbelmawa Kemdikbud. Kreativitas berbahasa dalam bentuk homonim dalam buku ini dibuktikan secara sintaksis dan kategorial.
Buku ini diharapkan memberi inspirasi kepada peneliti lain untuk meneliti lebih banyak lagi mengenai teks terjemahan Al-Qur’an. Selain itu, buku ini diharapkan juga memberi inspirasi kepada peneliti, dosen, guru dan mahasiswa, khususnya calon guru, untuk mengembangkan materi ajar dengan mengintegrasikan teks terjemahan Al-Qur’an ke dalam pembelajaran. Pengitegrasian itu merupakan upaya untuk memahami dan menginternalisasi teks terjemahan Al-Qur’an sehingga bisa menjadi…
Buku ini merupakan hasil penelitian tentang simbiosis lembaga pendidikan dengan masyarakat untuk mengembangkan entrepreneur dan untuk mengembangkan karakter. Hasil penelitian ini secara langsung bermanfaat dalam dalam masyarakat, terutama misalnya dalam pengembangan entrepreneur. Hasil penelitian yang berkaitan dengan pembudidayaan dan pengembangan usaha di bidang makanan, tanaman, dan bidang pariwisata. Ketiganya adalah kegiatan-kegiatan perekonomian yang bersangkut paut langsung dengan peningkatan kesejahteraan dari…