Ide internasionalisasi gerakan Muhammadiyah, telah dimulai pada Muktamar Muhammadiyah di Jakarta tahun 2000, yaitu dengan menculnya gagasan pendirian cabang Muhammadiyah di luar negeri. Ide ini kemudian ditegaskan kembali Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar Sulawesi Selatan, dimana salah satu butir rekomendasinya adalah memberi amanah kepada Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah agar melakukan gerakan internasionalisasi paham pemikiran (ideologi/manhaj) dan gerakan Muhammadiyah. Ide ini…
Ungkapan kata-kata mengenai masterpiece seorang pendidik yang mencakup “Pemahaman Tentang Merdeka Belajar, Edukasi Kepada Masyarakat, Ketahanan Pangan Nasional, Pendidikan Politik, Dan Religi: Merdeka Belajar: "Seorang pendidik yang mampu menciptakan masterpiece bukan hanya sekadar memberikan ilmu, tetapi juga memberdayakan siswa untuk merdeka belajar. Merdeka belajar adalah kunci menuju pemahaman yang mendalam dan pengembangan diri yang holistik." Edukasi kepada Masyarakat: "Sebagai masterpiece…
Mahasiswa sebagai bagian dari civitas academica di samping perlu memiliki kemampuan berpikir ilmiah juga harus memahami persoalan-persoalan riil yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat global. Buku ini sebagai acuan kegiatan PPM KI PTMA merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberi pengalaman belajar mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat global, khususnya dalam konteks kompleksitas pendidikan global/internasional.
Buku kumpulan esai ini berjudul “Muhammadiyah & 'Aisyiyah Sebagai Inspirasi Generasi Milenial Dalam Memajukan Indonesia: Kumpulan Esai” yang berisikan tentang tulisan mengenai Muhammadiyah dalam membangun peradaban bangsa, Bedah tokoh Muhammadiyah (kiprah dan kontribusi untuk bangsa), serta Muhammadiyah 'Aisyiyah dalam memajukan bangsa dan mencerahkan semesta
Al-insan wa al-ilm berkaitan dengan manusia dan ilmu. Ilmu pengetahuan sangat dihargai dan dianggap sebagai bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan pribadi. Buku "Al-Insan wa Al-Ilm" menekankan bahwa ilmu pengetahuan adalah bagian fundamental dari apa yang menjadi manusia, dan bahwa pengembangan ilmu pengetahuan merupakan bagian penting dari perjalanan spiritual seseorang. Buku ini berisikan perjalananan Muktamar 48 Muhammadiyah yang telah banyak…
Judul Buku Muktamar 48: Hablu Minannas diambil dari Frasa Bahasa Arab yang berasal dari ayat ke-103 surah Ali Imran dalam Al-Quran. Secara harfiah, frasa ini dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai "tali persaudaraan antara manusia". Buku ini berisi pada menekankan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia, baik dengan sesama muslim maupun dengan orang-orang dari agama lain. Tulisan-tulisan…
Buku Kuntum Khoiro Ummah berisi pemikiran dan pandangan para generasi muda terhadap pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke 48 (MMA 48) di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Buku yang berisi berbagai isu terkait pelaksanaan MMA 48 dan hubungan pelaksanaannya terhadap ekonomi ini menjadi referensi menarik bagi pembaca dalam mencari inspirasi, gagasan dan solusi yang diusung oleh Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan…
Buku ini merupakan gambaran Kinerja tenaga kependidikan yang berperan dalam mewujudkan program studi yang unggul dan berdaya saing dalam perguruan tinggi. Guna menciptakan suasana pelayanan pendidikan yang bermutu, menyenangkan, kreatif, dinamis sehingga menghasilkan layanan prima kepada civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Buku karya ini merupakan upaya mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Tenaga kependidikan merupakan bagian dari unsur utama yang memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) Perguruan Tinggi. Kinerja tenaga kependidikan berperan dalam mewujudkan program studi…
Buku ini “membongkar” kekayaan produk seni yang dihasilkan seniman-seniwati di seluruh wilayah Kebupaten Karanganyar. Desa-desa di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar atau Bumi Intanpari (akronim dari Industri, Pertanian, dan Pariwisata) mampu memproduksi dan memamerkan hasil seni mereka. Buku ini terdiri atas 11 bab yang antara bab satu dengan bab lain saling berkaitan. Bab-bab dimaksud berupa pendahuluan yang menyatakan ruang lingkup,…
Sekilas Penulis, Saya lahir di Klaten 25 Nopember 1956, menyelesaikan pendidikan SD Negeri Jimbung 1 Klaten tahun 1969 dan SMP Negeri 2 Klaten tahun 1971 dan lulus SMA Negeri 2 Klaten tahun 1974. Mengikuti ujian masuk UGM dengan menentukan pilihan I Fakultas Kehutanan dan pilihan II Fakultas Geografi. Pilihan tersebut mendasarkan pada pengalaman keluarga dan tetangga yang alumnus Fakultas Kahutanan…
Resonansi pemikiran edisi 11 ini mengambil tema “Meraih Hikmah Dibalik Covid-19 dalam Pembelajaran Daring”, buku ini merupakan kumpulan artikel yang menyoroti berbagai strategi pembelajaran selama pandemi. Diharapkan para pengajar selalu berinovasi sehingga akan meningkatkan kompetensi keilmuan geografi dan mengurangi kejenuhan dalam belajar akibat model pembelajaran online.
Buku Resonansi Pemikiran Ke-12 bisa terbit pada saat yang tepat dan cepat. Tepat karena tema berfokus pada model pembelajaran dimasa pandemi dan cepat karena hanya dalam waktu tiga bulan, artikel bisa siap karena kolaborasi dengan guru geografi berprestasi di Indonesia. Guru-guru yang menulis di edisi ini adalah guru geografi yang tergabung dalam grup whatssapp buatan Fakultas Geografi UMS yang dikenal…
Buku Resonansi Pemikiran Ke-13, dengan tema: Gelombang Kreativitas di saat pandemi dan Ramadhan merupakan kumpulan artikel, ada 26 artikel yang menghiasi buku kolaborasi pemikiran ini, yang menyoroti fenomena alam dan memaknai bulan Ramadhan, kemudian berbagai kreativitas dalam pembelajaran selama pandemi dan upaya untuk membentuk karakter mahasiswa serta kajian yang terkait dengan leadership yaitu kiat untuk tingkatkan mutu program studi. Semua…
Buku Resonansi Ke-14 : Dosen dan guru Geografi Mengabdi di Masa Pandemi, merupakan kumpulan tulisan para guru geografi DKI Jakarta kolaborasi dengan dosen Geografi UMS selama dua bulan yaitu bulan April dan Mei 2021 dalam bentuk workshop. Karya ini menjadi bukti bahwa Workshop ini menunjukkan hasilnya. Berjuang melalui tulisan atau artikel yang dimuat di koran, sebuah upaya untuk berbagi pemikiran…
Buku ini adalah partisipasi aktif dari peserta setelah mengikuti kegiatan workshop selama dua hari yang berisi trik menulis kemudian dilanjutkan review artikel dan dikomunikasikan dengan santai menggunakan WA grup, akhirnya jadi tulisan yang publish koran di beberapa daerah. Share tentang artikel dan komunikasi yang efektif di WA grup mengasah peserta untuk mendalami isi artikel maka terbitlah 28 artikel dan puisi…
Buku Resonansi ke-16 mengambil tema “Mengintegrasikan Keilmuan dan Keagamaan di Masa Pandemi” tetap berkolaborasi dengan guru Geografi SMA di dua provinsi yaitu DIY dan Jawa Timur, bahkan menggandeng mahasiswa Geografi UMS yang sering menulis di koran. Guru yang menjadi author dalam buku ini adalah penulis yang memiliki kemampuan menulis yang luar biasa setelah mengikuti pelatihan penulisan karya tulis ilmiah yang…
Tim Fakultas Geografi UMS untuk memberdayakan guru Geografi diwujudkan dalam bentuk menjalin kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi mulai dari MGMP Geografi Provinsi Jawa Timur yang kemudian disusul memadu kerjasama dengan MGMP Geografi Kabupaten/Kota di berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan kemudian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perwujudannya, sebelum masa pandemi, senior Fakultas Geografi UMS…
Buku dengan 29 artikel koran setebal 281 hal dan merupakan buku resonansi tertebal sejak Resonansi 1 hingga 18. Ini hasil kerjasama antara MGMP Geografi Jawa Timur di bawah komando pak Iswahyudiharto dengan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Media yang menerbitkannya cukup bervariasi, tidak hanya koran di Jawa tapi juga koran luar Jawa. Resonansi 18 ditulis oleh 18 penulis, 10 laki…
Buku Resonansi 19 merupakan kreasi guru geografi yang memiliki talenta menulis di Koran, sebagai hasil webinar yang dilaksanakan atas kerjasama antara Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan MGMP Geografi Provinsi Jawa Timur. Buku ini digarap dalam waktu 2 bulan yaitu bulan Januari dan Februari tahun 2022, dimulai dari kegiatan Webinar, pendalaman melalui grup wa yang sangat interaktif tapi kadang humor…
“Buku bisa menjadi keabadian atas ide dan pemikiran penulisnya, karena lalu orang banyak mengenal seseorang karena karya yang ditulisnya. Buku karya pak Priyono ini kontekstual menjelaskan betapa Islam memberikan solusi terhadap berbagai masalah dalam kehidupan. Buku ini baik untuk dibaca dan bisa memberi inspirasi bagi pembacanya.” Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Guru Besar Sosiologi Pendidikan dan Rektor UNS “Buku ini…
Resonansi 20 ini diberi tema “Pelangi Pemikiran Berbagai Bidang untuk Peningkatan Pembelajaran Geografi” dengan 30 judul artikel yang dibagi dalam tiga sub bab yaitu Subtema Potensi daerah dan Pendidikan Lingkungan, kemudian Sub tema Awareness Guru Geografi terhadap Kejadian Bencana dan Subtema terakhir Pembentukan Karakter Siswa dan Kompetensi Guru. Jadi topik pembahasannya lebih bervariasi dan meluas, menunjukkan geografi bisa dikaitkan dengan…