Buku ini mengkaji tentang bahasa Indonesia sebagai media komunikasi nasional dan internasional, Ragam bahasa indonesia, bahasa dan intelektualitas penutur bahasa, etika berbahasa baik etika berbahasa lisan dan etika berbahasa tulis serta teknik penulisan dalam karya-karya ilmiah. Selamat membaca, para akademisi dan ahli bahasa diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengembangan dan pengkreasian buku ini.
Buku ini mulai ditulis pada saat kembali mengemukanya beberapa kasus rabun sastra Chairil Anwar di media sosial bersamaan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Chairil Anwar. Rabun sastra adalah istilah yang dicetuskan oleh penyair Indonesia Taufik Ismail dalam Kongres Bahasa Indonesia VII pada tahun 1998, istilah tersebut lahir dari keprihatinan Taufik Ismail atas masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman atas beberapa karya…
Buku ini menjawab kebutuhan zaman tentang perlunya referensi untuk menerapkan evaluasi pembelajaran, khusunya pada bidang bahasa dan sastra, secara benar dan spesifik. Evaluasi pembelajaran ibarat cermin untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Agar fungsi untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maksimal, evaluasi harus dilaksanakan dengan benar. Buku ini menyajikan berbagai kompoten agar evaluasi dapat ditegakkan dengan benar, mulai dari hakikat evaluasi, penilaian…
Buku ini memuat paparan berbagai teknik evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, baik teks sastra maupun teks nonsastra. Teknik-teknik evaluasi yang dipaparkan merupakan gambaran pelaksanaan evaluasi yang sudah diterapkan di sekolah dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, buku ini sangat tepat dijadikan referensi inspiratif para pendidik dalam berinovasi. Selain itu, mahasiswa calon pendidik dapat menggunakan buku ini sebagai referensi…
Buku berjudul Fan Tourism Didi Kempot: Wisata Alternatif Kota Surakarta ini lahir berkat program pendanaan penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2023. Di dalam menggarap buku ini, tim penulis tidak hanya mengandalkan penelusuran pustaka yang terkait dengan literatur wisata fan dan kehidupan Didi Kempot, tetapi juga mengadakan wawancara dengan keluarga dekat dan kawan-kawan…
Paparan pada buku ini diawali dengan kurikulum dan pembelajaran bahasa Indonesia. Bab ini memaparkan hal-hal terkait dengan kurikulum secara umum. Selain itu, juga dinyatakan pembahasan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia di SLTA dan SLTP. Bab berikutnya memaparkan kajian teori inguistik. Pada bab ini dipaparkan kajian-kajian yang telah dilakukan oleh para peneliti dan para ahli sebelumnya terkait dengan cabang-cabang teori linguistik, seperti…
Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang didasarkan pada kelompok adalah Student Teams Achievement Division (STAD. Metode ini menekankan aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Metode ini dapat meningkatkan belajar peserta didik dan prestasi akademik peserta didik, meningkatkan retensi peserta didik, serta mampu meningkatkan kepuasan peserta…
Buku ini diberi judul Interaksi Kesantunan Berbahasa dan Pendidikan Progresif. Buku ini berisi hasil penelitian yang mengungkap interaksi atau keterkaitan antara kesantunan berbasa dengan pendidikan progresif. Kesantunan berbahasa yang dikaji dalam buku ini adalah kesantunan berbahasa dalam perspektif pragmatik. Objek yang dikaji meliputi berbagai ranah penggunaan bahasa seperti penggunaan bahasa pada media sosial, penggunaan bahasa pada cerpen, dan penggunaan bahasa…
Buku ini mengajak pembaca untuk mengenali dan penggunaan bahasa dalam perspektif multidiplin. Artinya, kajian bahasa untuk memahami kandungan isinya dari sisi kebahasaan, nilai profetik, dan nilai lain yang terkandung dalam setiap pemakaian bahasa. Pada tahap berikutnya, pembaca diharapkan tergerak untuk mencoba meneliti bahasa dari sisi kebahasaan, mengaitkannya dengan kandung isinya yang tidak saja dalam bidang bahasa, tetapi juga bidang-bidang lainnya…
Buku teks memiliki peran yang sentral di dalam pembelajaran. Buku teks yang merupakan pengejawantahan dari kurikulum perlu disusun sedemikian rupa sehingga buku teks tetap sesuai dengan fungsinya. Materi Bahasa dan Sastra Indonesia semestinya disajikan sesuai dengan karakteristik pembelajar. Kajian buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan dari berbagai sisi, di antaranya ilustrasi, materi, kejelasan konsep, relevansi dengan kurikulum, dan komponen…